Road To SABANG

Belum touring namanya kalau belum sampai ke Sabang  indonesia, kota Sabang adalah salah satu kota di Aceh, Indonesia. Kota ini berupa kepulauan di seberang utara pulau Sumatera, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar.Kota Sabang merupakan zona ekonomi bebas Indonesia, ia sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia, tepatnya di Pulau Rondo.

Dari segi geografis Indonesia, wilayah Kota Sabang berada pada 95°13’02”-95°22’36” BT, dan 05°46’28”-05°54′-28″ LU, merupakan wilayah administratif paling utara, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia, Thailand, dan India. Wilayah Kota Sabang dikelilingi oleh Selat Malaka di Utara, Samudera Hindia di Selatan, Selat Malaka di Timur dan Samudera Hindia di Barat.

Oleh karenanya perjalanan menuju titik paling timur indonesia ini jangan sampai tidak diagendakan. Bertepatan dengan rencana kegiatan tahunan club touring ke Sabang jangan sampai terlewatkan.

Karena ini perjalanan jauh perlu perencanaan yang matang, baik dari segi kesiapan kendaraan, kesiapan fisik, kesiapan mental dan tidak lupa kesiapan saku, hehehehe.

Beberapa hari pematangan rencana berlalu, maka d mulailah Road To Sabang. Butuh waktu 8 hari perjalanan untuk dapat sampai ke ujung Pulau Sumatera ini selama menempuh perjalanan banyak hal dan kejadian menarik mulai dari pengalaman mengerikan mogok di daerah konflik sampe tempat angker di dunia ,kemudian razia oleh polisi. Bukan Aceh namanya klo tidak ada GAM, iya kami sempat mengalami pencegatan oleh anggota  GAM (gerakan aceh merdeka) namun alhamdullilah selamat tidak kurang sehelai rambut pun. Sumatera terkenal dengan Medan perjalanan yang kejam menurut pengendara Truk dan Tronton, pengalaman ini juga yang membuat kami percaya denga kata-kata mereka sebab kami beberapa kali mengalami penghadangan oleh perampok spesialis jalanlintas tepatnya d jalan lintas medan-aceh banyak photo yang ilang karena di kejar-kejar sampai semua barang pada jatuh bertaburan di jalan apalah arti sebuah barang jika dibandingkan dengan nyawa, biarlah barang hilang asal nyawa selamat

Rasa capek diperjalanan hilang ketika feri menuju pulau Weh Pulau terluar Sumatera di pulau ini lah kota Sabang.

Saat ini Sabang menjelma menjadi destinasi wisata bahari Indonesia yang menawarkan surga bagi para penyelam. Di sini Anda dapat menikmati alam bawah lautnya dengan menyelam untuk menemukan ratusan spesies ikan dan kekayaan terumbu karang alami yang bukan ditanam atau budidaya. Perairan di Sabang merupakan tempat bertemunya Samudera Hindia dan Selat Malaka. Saat ini pun Sabang memperlengkapi atraksi wisatanya dengan penyelengaraan Sabang International Regatta.

Pesona Sabang menawarkan keelokan garis pantai yang indah, air laut nan biru dan bersih serta pepohonan nan hijau. Akan tetapi, bukan wisata bahari saja dapat ditemukan di Sabang. Ada gunung, danau, pantai, laut, serta hutannya yang masih alami dan terjaga menunggu dikunjungi. Belum lagi interaksi Anda dengan masyarakat setempat akan memberikan pengalaman yang berkesan.

Namanya anak motor bawa uangnya juga pas-pasan buat pulang pergi touring sehingga tidak sempat manikmati wisata, namun kalau soal penduduknya di jamin ramah dan murah senyum.

Singkat cerita pekanbaru telah menanti dengan segudang aktifitas, Sabang dinikmati dengan kilat. Perjalanan pulang telah menanti dengan beragam kejadian yang belum terbayangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s